IbM MANAJEMEN BARBEKU (BARANG BEKAS BERKUALITAS)  UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA  DI DESA KEDUNGKENDO KECAMATAN CANDI SIDOARJO

IbM MANAJEMEN BARBEKU (BARANG BEKAS BERKUALITAS) UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA DI DESA KEDUNGKENDO KECAMATAN CANDI SIDOARJO

Desa Kedungkendo berada di Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo mempunyai luas wilayah ± 27,3 Ha dengan jumlah penduduk 5151 orang dengan tingkat kepadatan penduduk 22,5 ( 22 orang sampai 23 orang per km²). Berdasarkan Luas wilayah antar desa di Kecamatan Candi, Desa Kedungkendo merupakan desa yang memiliki wilayah terluas dibandingkan dengan wilayah desa – desa yang lain, seiring dengan perkembangan penduduk, di desa ini masalah sampah menjadi perhatian utama, karena warga desa ini terbiasa membuang sampah di sungai.
Secara garis besar permasalahan pengolahan sampah yang ada di Desa Kedungkendo Kecamatan Candi kabupaten Sidoarjo adalah sebagai berikut :
1. Tidak tersedianya sarana prasarana persampahan di Desa Kedungkendo
2. Pola pembuangan sampah masyarkat Desa Kedungkendo mayoritas dibuang langsung ke sungai.
3. Sungai dan tambak masih dianggap oleh masyarakat Desa Kedungkendo sebagai tempat untuk membuang sampah. Hal ini juga disebabkan karena sosial budaya masyarakat yang kurang memahami tentang pentingnya lingkungan sehat.
4. Belum ada sistem manajemen pengolahan sampah yang terorganisir di Desa Kedungkendo
5. Belum adanya teknologi pengolahan sampah baik dalam skala rumah tangga maupun komunal di Desa Kedungkendo
Permasalahan prioritas yang harus ditangani adalah sebagai berikut :
1. Belum tersedia teknologi pengolahan sampah skala rumah tangga dan skala komunal.
2. Belum adanya sistem manajemen pengelolaan sampah yang terorganisir di kalangan desa Kedungkendo
Berikut adalah Pengabdian masyarakat dengan judul IbM MANAJEMEN BARBEKU (BARANG BEKAS BERKUALITAS) UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA DI DESA KEDUNGKENDO KECAMATAN CANDI SIDOARJO yang dilaksanakan oleh Tim Fakultas Teknik Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA) Surabaya.

Leave a Reply

Close Menu